3 Virus Penyebab Gagal Bekerja Di Perusahaan Impian

/
0 Comments
3 virus penyebab gagal bekerja di perusahaan impian.jpg




Mengapa saya selalu gagal dalam seleksi perekrutan karyawan di  PT. X? Itu adalah pertanyaan yang sering diajukan beberapa calon karyawan yang gagal dalam seleksi penerimaan calon karyawan di perusahaan yang mereka impikan.

Dari pertanyaan itu, banyak sekali jawaban yang bisa diberikan. Misalnya kurang latihan mengerjakan soal-soal psikotes ataupun karena tidak membaca tips-tips sukses interview. Tapi tahukah anda?
Bahwa ada fakta yang ditemukan oleh HRD tentang para pelamar mengenai persiapan mereka dalam menghadapi berbagai tes perekruktan karyawan. Persiapan sangat menentukan keberhasilan mereka dalam menghadapi tes seleksi, dan persiapan utama yang paling menetukan adalah MINDSET.

Menjawab pertanyaan di atas, mindset atau pola pikir merupakan jawaban yang tepat dan fakta yang ingin saya berikan sebagai seorang HRD. Dalam menghadapi tes seleksi, hal yang terpenting adalah mempersiapkan mindset anda. Faktanya mindset kita mudah sekali terserang virus-virus yang dapat menghambat kemajuan karir kita. Berikut akan saya berikan fakta mengenai 3 virus mindset penyebab kegagalan bekerja di perusahaan yang di impikan :

1. Takut gagal

Walaupun mereka telah mempelajari berbagai tips dan soal-soal psikotes namun tetap saja perasaan takut gagal terus mereka genggam dalam mindset mereka. Ini merupakan hal yang wajar namun jangan sampai hal tersebut menjadi virus penghambat bagi kesuksesan anda. Fakta yang perlu anda ketahui bahwa dengan menanam virus mindset takut gagal secara tidak langsung sangat mempengaruhi hasil tes anda nantinya.

Anthony Robbins seorang motivator terkenal dengan bayaran termahal didunia mengatakan “80 persen sukses ditentukan secara psikologi yaitu mindset dan 20 persen ditentukan oleh strategi yaitu langkah-langkah spesifik yang diperlukan untuk mencapai hasil. Perasaan takut gagal hanya akan mengurangi kepercayaan diri dan menyusutkan kemampuan anda sehingga hasil tes anda akan kurang bagus.

2. Sepertinya saya tidak sanggup bekerja di Perusahaan X

Ketika telah mempelajari ataupun dijelaskan oleh HRD mengenai pekerjaan-pekerjaan di perusahaan, tidak sedikit para melamar menjadi down dan merasa tidak sanggup bekerja diperusahaan tersebut. Banyak alasan yang akan mereka berikan jika ditanya mengapa merasa tidak sanggup. Faktanya, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.

Seseorang akan mampu mengerjakan apapun jika ia yakin dan merasa mampu. Bayangkan, bisakah seseorang yang tidak memiliki tangan dan kaki bisa hidup secara mandiri? Ya pasti bisa jika ia percaya dia bisa. Nick Vujicic adalah contoh seorang yang hidup mandiri walaupun tanpa kaki dan tangan, namun karena ia percaya bahwa dirinya mampu kini ia telah menjadi seorang inspirator dunia yang terkenal dan memiliki istri yang sempurna.

3. Minder

Saat melakukan tes seleksi perekrutan karyawan, biasanya para pelamar dikumpulkan dan melakukan berbagai tes secara bersama atau pun bergantian. Dan yang menjadi masalahnya adalah orang-orang yang berkumpul datang dari berbagai pendidikan dan berbagai kemampuan,  sehingga tidak sedikit para pelamar terkena virus minder terhadap latar belakang saingannya. 

Fakta yang perlu anda ketahui, bahwa jika anda anda merasa minder maka anda akan kesulitan mengeluarkan seluruh kemampuan anda karena anda terus berpikir bahwa orang lain pasti lebih baik dari saya. Ketika anda telah berpikir seperti itu, 90% dapat dipastikan anda akan gagal. Tidak ada orang yang lahir langsung bisa berjalan, untuk bisa berjalan ia harus mengalami berbagai proses dari merangkak. 

Begitu juga dengan anda,  tidak perlu minder dengan kemampuan anda sekarang karena untuk menjadi ahli setiap orang harus mengalami proses pembelajaran dari titik nol. Setelah mengetahui virus-virus penyebab kegagalan yang menjauhkan anda dari perusahaan impian, masihkah anda memeliharanya di dalam mindset anda?


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT :

No comments: