Trik Mendapatkan 85% Peluang Lolos Interview

/
0 Comments
shutterstock_17841538.jpg

Beberapa hari yang lalu saya dikunjungi oleh teman sekolah, ia datang dengan wajah yang gembira namun pikirannya sedikit gelisah. Dia sangat senang karena mendapat panggilan interview di salah satu perusahaan impiannya namun ia gelisah karena bingung apa yang harus dilakukan agar bisa lolos. Dia berkunjung ke rumah saya dengan tujuan untuk berkonsultasi mengenai tes interview yang akan dia ikuti.
Berikut obrolan kecil kami :

Teman : Bro, lo kan HRD. Apa saja sih hal penting yang harus dipersiapkan untuk tes interview?

Saya : menurut pengalaman gue ada 2 hal penting yang harus dipersiapkan.

Teman : Apa aja tuh 2 hal?

Saya : Yang pertama adalah faktor internal dan yang kedua adalah faktor eksternal.

Teman : emm., bisa tolong jelaskan tentang faktor-faktor itu?

Secara umum dalam mengikuti tes interview, ada 2 hal utama yang menjadi penentu kelulusan pelamar. Faktor-faktor tersebut adalah internal dan eksternal, internal adalah hal-hal yang tak diketahui namun tampak dari perilaku (akan saya bahas dilain kesempatan) sedangkan eksternal adalah hal-hal yang tetap terlihat saat kita diam sekalipun.

Faktor eksternal yang harus dipersiapkan adalah penampilan. Di dalam salah satu teori psikologi ada yang disebut dengan "Halo effect". Halo effect adalah penilaian-penilaian subyektif yang dilakukan saat pertemuan pertama. Contoh dari halo effect adalah ketika kita berpapasan dengan wanita cantik atau pria tampan, secara otomatis kita menilai bahwa mereka orang yang baik dan sempurna padahal mungkin saja mereka adalah buronan negara. HRD juga manusia yang sulit menghindari penilaian subyektif seperti itu. Hal ini dapat dijadikan trik yang sangat menguntungkan jika dapat diadaptasi pada satu kegiatan misalnya tes interview.

Bagaimana menerapkan halo effect? Jawaban sederhananya adalah berpenampilan menarik dan rapih saat interview. Berpenampilan menarik bukan semata-mata memakai baju bagus tetapi memakai baju yang bertujuan untuk memberikan kesan tertentu. Untuk wanita silahkan minta pendapat teman pria anda untuk berpendapat tentang penampilan anda secara jujur. Begitu juga sebaliknya untuk pria. Jika anda tidak memiliki baju yang bagus untuk penampilan anda, silahkan meminjam ke teman anda. "Kesan pertama begitu menggoda, sisanya terserah anda" bunyi salah satu iklan parfum terkenal. Iklan tersebut benar adanya jika anda berhasil memberikan halo effect yang baik.

Berikan penampilan anda yang terbaik, gunakan minyak wangi seperlunya tanpa harus menyesakkan hidung HRD dan gunakan warna baju yang sesuai dengan warna kulit anda. 85% peluang anda lolos ketika HRD telah tertarik dengan pribadi anda secara penampilan, sisanya tergantung dari faktor internal anda.


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT :

No comments: